RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMP PEMBANGUNAN LAB UNP
Mata Pelajaran : TIK
Kelas Semester : VII / II
Materi Pokok : Perangkat
Keras (Hardware)
Alokasi Waktu : 1 x 40 (1 x Pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Kognitif
a.
Produk
1.
Peserta didik mampu mengklasifikasikan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input, proses
dan output
2.
Secara mandiri peserta didik dapat menjelaskan
pengertian perangkat keras input, proses dan output dan fungsi dari perangkat
tersebut.
b.
Proses
Peserta didik diharapkan dapat menggunakan
perangkat keras komputer
2.
Keterampilan
Dengan media yang digunakan peserta didik dapat
menunjukkan jenis perangkat input, proses dan output
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensin
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1. Mengklasifikasikan berbagai komponen perangkat keras komputer
|
3.1.1 Mengklasifikasikan
perangkat keras yang berfungsi sebagai alat
input
3.2.1 Mengklasifikasikan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses
3.3.1
Mengklasifikasikan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output.
|
C.
Materi Pembelajaran
1. Materi
Perangkat
keras komputer (hardware)
Perangkat keras komputer adalah semua bagian
fisik komputer dan dapat dilihat.
Perangkat keras (hardware) terdiri dari tiga
1. Perangkat
input (input device)
2. Perangkat
proses (process device)
3. Alat
output (output device)
2. Materi
Pengayaan
1. Peserta
didik ditugaskan untuk membuat kliping tentang perangkat output ploter
D.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran: Saintifik learning
Model pembelajaran : Discovery/inquiri learning
E.
Media
dan bahan
Alat
1. Seperangkat
komputer desktop (laptop)
2. Lcd
projektor
Media
1. Tampilan
visual slide Microsoft Powerpoint
F.
Sumber
Belajar
1. Buku tik
kelas VII, hendri pandia.2006.teknologi informasi
dan komunikasi.jakarta.penerbit erlangga
2. Lembar
kerja peserta didik dari MGMP
G.
Pelaksanaan Pembelajaran
1.
Kegiatan
Pendahualuan ( 5 menit)
1. Memberi
salam dan berdoa sebelum pembelajaran dimulai
2. Mengecek
daftar hadir siswa
3. Mengkonisikan
suasana belajar yang menyenangkan
4. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
5. Menjelaskan
kegiatan yang akan dilakukan selama pembelajaran berlangsung
2.
Kegiatan
inti (30 menit)
a.
Mengamati
1. Peserta
didik dibagi dalam 3 kelompok diskusi
2. Peserta
didik mengamati tampilankan slide gambar perangkat keras komputer yang
berfungsi sebagai alat input, proses dan output
3. Peserta
didik memperhatikan tayangan slide yang
disajikan oleh guru
4. Peserta
didik mengelompok perangkat keras yang berfungsi sebagai perangkat input,
proses dan output
b.
Menanya
1. Peserta
didik merumuskan pertanyaan dari gambar yang ditampilkan oleh guru
c.
Mengumpulkan
informasi / mencoba
1. Peserta
didik mengumpulkan informasi dari buku cetak dan lembar kerja siswa tentang
perangkat keras input proses dan output
2. Perserta
didik mengelompokkan perangkat keras input, proses dan output beserta fungsinya
d.
Menalar
dan mengasosiasi
1. Peserta
didik mengumpulkan informasi dari buku dan lembar kerja siswa untuk mencari
jawaban yang mereka rumuskan.
3.
Kegiatan
penutup (5 menit)
1. Guru
bersama peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari
H.
Penilaian
1. Teknik
penilaian
o Tes tertulis
2. Instrumen
penilaian
o Pilihan
ganda
I.
Lampiran
1. Materi
Pembelajaran
2. Rubrik
Penilaian
Mengetahui Padang, Oktober
2017
Kepala Sekolah guru
mata pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar